Minggu, 04 Desember 2011

membajak sawah

Wisata
TANAM PADI DAN MEMBAJAK SAWAH

Oleh R Adhi Kusumaputra

Ingin melepas ketegangan setelah sibuk bekerja di kota yang hiruk-
pikuk dengan kemacetan parah seperti Jakarta? Salah satu pilihan
lokasi yang dapat dikunjungi adalah Kebun Wisata Pasirmukti di antara
Desa Tajur, Pasirmukti, dan Gunungsari, Citeureup, Bogor.

Lokasi Kebun Wisata Pasirmukti dapat dijangkau melalui Jalan Tol
Jagorawi. Waktu tempuh perjalanan dari Jakarta sekitar satu jam. Jika
lewat tol, kendaraan keluar di gerbang tol Cibinong-Citeureup.
Dari gerbang tol dibutuhkan perjalanan sepanjang enam kilometer
untuk tiba di tujuan. Perjalanan agak terhambat saat melintas di
Pasar Citeureup. Selepas itu, kondisi jalan mulus.

Kebun Wisata Pasirmukti seluas 15 hektar milik keluarga asal
Sulawesi Utara ini beroperasi sejak tahun 2002.
Di sini tamu dapat menikmati suasana alam pedesaan, mulai dari
belajar menanam padi, membajak sawah, hingga memetik buah dari
pohonnya. Orang yang lahir di kota umumnya tak kenal lagi bagaimana
membajak sawah atau menanam padi di sawah.

"Jangan khawatir, ada petani yang membantu memberi tahu cara
menanam padi maupun cara membajak sawah dengan sapi," kata Andi
Vera, pegawai Pemasaran Kebun Wisata Pasirmukti, kepada Kompas.

Pengalaman unik seperti ini memang sudah langka mengingat saat ini
sawah di kota makin hilang, digantikan dengan bangunan dan gedung
tinggi.

Konsep kembali ke alam yang ditawarkan Kebun Wisata Pasirmukti
ternyata diminati banyak pengunjung yang umumnya berasal dari
Jakarta. Mereka agaknya mencari suasana berbeda, jauh dari hiruk-
pikuk dan gemerlap kota besar.

Selain menanam padi dan membajak sawah, pengunjung juga dapat
mengamati dan mempelajari aneka tanaman buah tropis serta menikmati
acara petik buah di kebun buah. Untuk belajar petik buah ini, ada
paket edukatif senilai Rp 55.000 per orang, tetapi buah yang dipetik
tak boleh dibawa pulang.

Bagi pencinta tanaman anggrek, di kawasan ini terdapat aneka
dendrobium, phalaenopsis, oncidium, cattleya, dan aneka tanaman hias
lainnya. Pengunjung memperoleh tips dan demo perawatan. Pengunjung
juga dapat membeli aneka tanaman anggrek yang ditanam di kawasan
wisata ini.

Bermain seperti anak desaJika biasanya di kota selalu diajarkan untuk selalu hidup bersih,
di sini ada sensasi kembali menjadi anak desa, bermain di kolam
lumpur. Mulai dari tarik tambang, tangkap belut, gebuk bantal, sampai
adu tinju di kolam lumpur.

Ini tentu pengalaman yang menyenangkan, yang jarang ditemukan
jika tinggal di kota besar seperti Jakarta. Kalaupun ada kolam
lumpur, pasti sudah terkontaminasi limbah tak sedap.

Pengelola Kebun Wisata Pasirmukti juga menyediakan kolam pancing
bagi penggemar memancing. Alat pancing dapat disewa dengan harga
mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 15.000.
Jika mendapat tangkapan ikan, pengunjung harus membayar lagi ikan
itu seharga Rp 25.000-Rp 30.000 per kilogram.

Pengelola Kebun Wisata Pasirmukti juga menyediakan area kamping.
Bayangkan, menginap di tenda di lahan rerumputan hijau di antara
hamparan sawah, aliran sungai, bukit karang, dan kebun buah. Pada
malam hari, menikmati api unggun bersama menjadi pengalaman berkesan.

Namun, jika pengunjung ingin beristirahat di cottage, disediakan
delapan cottage yang kapasitasnya antara 5 orang dan 12 orang, dengan
harga bervariasi antara Rp 850.000 dan Rp 1,8 juta per malam.
"Setiap akhir pekan, tempat ini penuh," kata Vera. Duduk di
teras rumah panggung Pondok Minahasa ini, di antara desiran angin,
memberi kesan berbeda.

Karena pemilik kawasan wisata ini adalah keluarga Sulawesi Utara,
tak heran jika restoran yang ada pun bercita rasa khas Minahasa, yang
menyediakan, antara lain, ayam bakar rica-rica atau ikan woku.
Jumlah pengunjung yang melakukan perjalanan satu hari, tiba pukul
09.00 dan pulang pukul 15.00, juga cukup banyak.

Umumnya mereka datang secara berombongan, menikmati suasana alam
pedesaan dengan menggelar aneka permainan mengasyikkan.
Coba nikmati liburan dengan kembali ke desa!

modif ninja 150 rr

NINJA RR



Kawasaki NINJA RR 150CC MotoGP-nya Kawasaki Indonesia
“Super Electrofusion Cylinder”
PT KAWASAKI MOTOR INDONESIA memberikan garansi 3 tahun atau 50.000 km tanpa korter.

Jadi..mo pake motor Ninja 2 tak EURO II..? ga usah khawatir Bro..!! Tinggal Set..set..sett…!!!



Pertama saya ingin meminta maaf kepada penggemar motor merk lain apabila ada kalimat yang kurang berkenan dan sebagainya.
Tulisan ini hanyalah pendapat saya tentang Kawasaki Ninja RR 150 CC karena kebetulan saya memiliki motornya.Kawasaki. Hmmm… Mungkin di Indonesia merk Kawasaki kalah populer dibandingkan Honda, Yamaha dan bahkan Suzuki.
Tapi entah kenapa, pertama saya boleh memiliki sepeda motor dan mengendarainya, pilihan saya jatuh kepada merk ini yaitu Kawasaki.
Pertama saya mengendarai motor Kaze R.
Motor bebek 4 tak tertinggi kapasitasnya pada saat itu (sekitar tahun 1995).
Tidak banyak yang bisa saya ceritakan karena motor tersebut saya kendarai dengan kondisi standar tanpa banyak perubahan.
Yang pasti motor itu masih saya miliki sampai sekarang dan belum turun mesin sama sekali, bahkan ganti kanvas kopling pun tidak.
Padahal mulai dari tahun 2002 – sekarang motor tersebut digunakan untuk mengangkut barang (ban sepeda motor) dalam jumlah yang tidak sedikit. Memasuki tahun 1998, Alm. Ayah saya menawari saya untuk mengganti sepeda motor.
Saya langsung meng-iyakan karena motor tersebut adalah Kawasaki Ninja S (masih velg jari-jari).
Pada tahun itu, masih jarang orang yang menggunakan motor Kawasaki Ninja.
Rasanya seperti menaiki motor mewah.
Tiap berhenti di lampu merah, mata orang-orang tertuju kepada motor saya, bukan ke saya :(
Rasanya selalu menjadi pria terkeren sejagat.
Memang motor yang sangat istimewa di kelasnya.
Pengalaman saya pertama kali ngebut dengan motor ini, saya hampir jatuh terjungkal kebelakang karena belum tahu karakteristik-nya.
Sungguh luar biasa tenaganya.
RPM 7000 ke bawah memang terasa seperti motor-motor biasa, tapi RPM 7000 ke atas badan saya serasa sedang ditarik ke belakang, motor lari seperti setan.
Ketika sudah mengetahui karakteristik motor tersebut, saya tidak pernah lagi ngebut mulai dari gigi 1, pasti saya mulainya dari gigi 2, kalau tidak pasti motor standing.
Mesin motor ini juga sangat kuat.
Sampai saya menjual motor tersebut (Juni 2007), tidak pernah saya mengganti blok mesin dan isinya.
Memang suara sedikit berubah, agak kasar, tetapi sewaktu di cek dalamannya, tidak ada baret / lecet sedikitpun.
Modifikasi saya terakhir dari motor ini adalah :
1. Rear Tire 150/70-17 BT45 R, Front FDR 90/80-17 XR
2. Velg Belakang Rossy 2.50-17, Depan TK 2.15-17
3. Cakram Belakang
4. Body Belakang Lancip lampu vario
5. Lampu depan Satria FU
6. Takometer Digital
7. Master rem depan Brembo
8. Karbu std reamer 28
9. Silincer stainless (merk lupa)
10. Perut knalpot custom
11. Cat rangka full hitam, body blue candy
Motor ini laku 11 juta, termaksud tinggi diukur dari tahunnya.
Maaf saya tidak mempunyai fotonya, tapi kalau ada pembaca yang berdomisili di Denpasar dan melihat Ninja dengan nopol B 4203 FF, itulah eks motor saya.
Kawasaki Ninja RR 150 CC.
Inilah motor yang saya idam-idamkan sejak dulu.
Memang dari dulu saya ingin membeli motor tersebut namun saya sangsi akan layanan purna jualnya.
Namun sekarang beda, sparepartnya sudah mudah untuk di dapat.
Jadi saya memutuskan untuk meng-upgrade motor saya yang lama.
Kebetulan bisnis Internet Marketing saya sudah lancar dan kondisi keuangan semakin baik jadi saya tidak takut-takut untuk membeli motor tersebut.
Sempat frustasi dalam menentukan warna motor.
Pertama saya tertarik dengan warna merah.
Tapi warna tersebut adalah warna spesial dan perlu penambahan uang untuk mendapatkannya.
Ketika saya meng-iyakan untuk menambah uang, pihak Kawasaki malah tidak bersedia untuk menyediakan motor tersebut dengan berbagai macam alasan.
Di Denpasar hanya ada 1 motor Kawasaki Ninja RR 150 CC berwarna merah. Berbahagialah orang yang memiliki motor dengan warna tersebut.
Pilihan kedua jatuh ke warna orange.
Namun ketika meminta pendapat orang lain mengenai warna orange, jawabannya tidak jauh dengan “motor pak pos”.
Saya sih tidak mempermasalahkan tentang julukan itu, namun setelah dipikir-pikir warna orange bisa membuat saya cepat bosan dan warna tersebut terlalu silau, bisa cepat membangkitkan emosi.
Pilihan ketiga jatuh kepada warna hijau.
Memang hijau itu warna yang sangat banyak dipilih oleh pecinta motor Kawasaki Ninja RR 150 CC alias warna kampungan.
Namun setelah saya pikir-pikir, warna hijau adalah warna ciri khas Kawasaki dan selain itu warna hijau adalah warna yang soft, tidak silau, dan memberikan ketentraman apabila melihatnya.
Jadi pilihan saya jatuh kepada warna hijau.
Mungkin pembaca bertanya-tanya, kok orang ini aneh banget warna dipermasalahkan.
Mungkin bagi yang belum tahu, warna bisa memberikan efek bagi kehidupan kita.
Jadi bagi saya penentuan warna sangatlah penting untuk kehidupan saya.
Saya belum bisa memberikan pendapat banyak mengenai motor Kawasaki Ninja RR 150 CC karena saya sangat newbie dalam mengendarainya.
Yang pasti motor ini adalah motor terbaik yang pernah saya kendarai selama ini.


MESIN
Tipe Mesin 2 Langkah, Crankase reed valve, KIPS, RIS
Diameter x Langkah 59,0 x 54,4 mm
Kopling Wet multi disc
Gigi transmisi 6 speed, constant mesh, return shift
Pola pergantian gigi  
Karburator Mikuni VM 28
Baterai 12 V 4 Amper Jam
Busi  
Volume silinder 148 cc
Perbandingan kompresi 7,2 : 1
Susunan silinder Satu buah
Sistem Starter Kick
Sistem Pelumasan Oli Injection
Kapasitas Minyak Pelumas
1,2 Liter
Bahan Bakar Premium
CHASSIS
Berat kosong 124,5 kg
Tipe rangka
Kapasitas tangki 11,5 liter
Jarak sumbu roda 1300 mm
Jarak terendah ke tanah 131 mm
Roda depan dan belakang  
SUSPENSI/BAN
Suspensi depan Telescopic fork suspension
Suspensi belakang Monoshock suspension
Ukuran ban belakang 110/80-17 57S
Ukuran ban depan 90/90-17 49S
PERFORMA
Dimensi P x L x T 1965 mm x 725 mm x 1075 mm
Radius belok minimum  
Daya maksimum 22,1 KW (30 PS) / 10.500 RPM
Torsi maksimum 2,2 kgm / 9000 RPM
Sistem Pengapian  
SISTEM PENGEREMAN
Rem depan Rem cakram twin pot
Rem belakang  
now_beta.png

resep membuat onde2

Resep Onde-Onde

Posted by inforesep On October - 15 - 2009
inforesep onde onde 300x224 Resep Onde Onde
Semua orang pasti suka Kue Onde-onde. Kue Onde-onde yang manis dengan isian kacang hijau sangat nikmat dilidah.
Resep Bahan Kulit Onde-Onde :
  • 250 gram teung ketan
  • 25 gram tepung sagu
  • 175 ml santan hangat dari 1/4 butir kelapa
  • 1/4 sendok teh garam
  • 100 gram wijen, cuci, tiriskan, jemur kering
Resep Bahan Isi Onde-Onde:
  • 200 gram kacang hijau tanpa kulit, rendam 1 jam
  • 150 gram gula pasir
  • 1 lembar daun pandan/vanili
  • 50 ml air/ santan cair
Cara Membuat Onde-Onde :
  1. Isi : kukus kacang hijau sampai matang, haluskan selagi panas. Campur dengan gula, daun pandan atau vanili, jerang diatas api kecil sambil diaduk hingga adonan dapat dibentuk bulat kelerang, sisihkan.
  2. Kulit : campue semua bahan sambil diaduk dan diberi santan hangat sedikit demi sedikit. Uleni sampai menjadi adonan yang bisa debentuk. Bagi rata sesuai jumlah isi. Bulatkan dan pipihkan, beri adonan isi, rapatkan, bentuk bulat kembali.
  3. Gulingkan sambil tekan pelan tiap bulatan onde pada wijen. Goreng dalam minyak banyak yang tidak terlalu panas sampai matang kecoklatan, angkat dan tiriskan.
Tips Onde-onde :
Jaga agar adonan kulit Onde-Onde tetap lembap, tutup dengan plastik. Bila perlu percikkan sedikit air, supaya wijen melekat baik pada kulit adonan.
Selamat mencoba Resep Onde-Onde